A personal Blog About Blogging, Hobbies, and Lifestyle

Berbuka Puasa Dengan Sayur Asem Resep Ibu

Dok. Pribadi

Selamat sore, teman-teman. Sudah selesai masak belum? Saya barusan selesai masak jam tiga tadi. Hari ini, saya masak menu utamanya sayur asem, goreng tahu, sambal sama rebus pete.

Berhubung di rumahku hanya tinggal empat orang, karena sisanya masih di perantauan, saya masak seadanya saja tidak begitu banyak.

Saya masak sayur asem sesuai dengan pilihan tema blogger challenge dari blogger perempuan. Jadilah saya lebih memilih sayur asem toh semua pada setuju ketika saya meminta pendapat mereka.

Pertama kali tahu sayur asem, waktu saya kelas 6 SD. Tapi saya belum berani bikin sendiri. Saya selalu melihat ibu saya masak sayur asem di dapur. Kata ibu, bikinnya mudah sekali. Makanya akhirnya sampai detik ini saya bisa membuatkannya untuk ibu. Spesial juga untuk ibu saya supaya cepat sembuh dari sakit.

Nah, kali ini saya mau berbagi resep sayur asem khas ibu saya. Sebelumnya kita catat dulu ya bahan-bahannya;

Bahan-bahan;
Jagung
Terong
Labu Siam
Kacang panjang
Kacang tanah
Daun So
Melinjo

Bumbu-bumbu;
Cabe merah keriting
Cabe ijo keriting
Laos
Bawang merah
Bawang putih
Asem jawa
Gula Jawa
Garam
Air secukupnya

Kamu bisa menyesuaikan isian sayur asemnya. Kalau tidak ada terong bisa dilewati saja. Terpenting adalah rasanya.

Cara Memasak

Pertama cuci bersih semua bahan-bahan dan bumbunya ya.

Siapkan panci ukuran sedang, tambahkan air setengah panci saja. Nyalakan api.

Geprek bawang merah, bawang putih, dan laos. Lalu masukkan ke dalam air dan tambahkan asem Jawa, cabai merah dan ijo keriting. Tunggu sampai mendidih. Tambahkan garam dan gula Jawa secukupnya.

Setelah mendidih, masukan jagung, kacang tanah, melinjo. Masak sampai setengah matang.

Setelah itu masukan labu siam. Masak sampai matang. Tambahkan kacang panjang dan terong. Tunggu sampai terlihat sudah matang.

Setelah matang, tambahkan daun So. Karena daun So cepat matang, makanya ditambahkan saat semuanya sudah matang.

Angkat dan sajikan. Sayur asem resep ibu bisa jadi teman berbuka puasamu! Selamat mencoba di rumah!

#30hariKebaikanBPN
#BloggerPerempuan


Tidak ada komentar

Posting Komentar